Menu

Items filtered by date: Wednesday, 28 March 2018

Tokoh Agama Diminta Ikut Sosialisasikan Pilkada

BEKASI SELATAN – Tokoh agama memiliki peran yang sangat penting dalam pesta demokrasi Pemilihan kepala daerah serentak 27 Juni 2018. Maka dari itu, keberadaan tokoh agama diharapkan bisa membantu mensosialisasikan tahapan Pilkada serentak 2018 nanti.

 

Komisioner KPU Kota Bekasi, Kanti Prajogo menegaskan, suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak Kota Bekasi 2018 jika berlangsung dengan aman, damai dan tingkat partisipasi masyarakat yang memilih tinggi.

 

Menurutnya, keberadaan tokoh agama sangat penting. Karena itu, dia berharap para tokoh agama maupun tokoh masyarakat bisa ikut membantu mensosialisasikan tahapan pilkada, sehingga suksesnya pilkada Kota Bekasi  bisa tercapai.

 

“Melalui tokoh agama maupun tokoh masyarakat, kami harapkan informasi tahapan pilkada serentak 2018 bisa sampai. Selain itu juga, tokoh agama dan tokoh masyarakat bisa mengajak warga agar menggunakan hak suaranya. Jangan sampai Golput,”tegasnya.

 

Dia menyadari,  tugas berat yang harus dilakukan oleh KPU Kota Bekasi untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam Pilkada serentak 27 juni 2018. “Pilkada sebelumnya partisipasi masyarakat sangat rendah, hanya di bawah 50 persen. Target kami tahun ini diatas 75 persen,”imbuhnya.

Rendahnya angka partisipasi masyarakat dalam pemilu tahun sebelumnya, disikapi KPU Kota Bekasi dengan terus menggelar sosialisasi. “KPU mengajak tokoh agama, tokoh masyarakat, dan partai politik untuk dapat menyebarkan semua informasi tentang tahapan Pilkada,”pungkasnya. (tim)

 

 

 

 

 

 

 

Read more...

Warga Kota Bekasi, Ayo Cek DPS nya!!

BEKASI SELATAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk aktif memeriksa nama mereka apakah terdaftar dalam DPS atau tidak. Jika tidak terdaftar, warga  harus menyampaikan kepada RT,RW dan petugas PPS setempat agar terdata.

 

“Kami sudah mengumumkan DPS dan sudah ditempel di tiap PPS pada Kantor Kelurahan, dan ini  harus diviralkan. Pada masa ini,  masyarakat harus mengecek nama-namanya, jangan sampai sudah ditempel tapi namanya tidak masuk dalam DPS,”kata komisioner KPU Kota Bekasi, Syafrudin.

 

Bila ada warga yang namanya tidak terdaftar dalam DPS, lanjut Syafrudin, maka segera menyampaikan ke pihak  RT,RW dan petugas PPS di tingkat kelurahan sehingga bisa diperbaiki oleh KPU Kota Bekasi,”Kami tidak bosan-bosannya mengingatkan ke warga, untuk memeriksa DPS nya,”tegasnya.

 

Selain itu, lanjutnya, warga mesa melakukan memeriksa namanya pada laman http://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dps/1/nasional. "Masyarakat dapat mengecek langsung di laman kpu.go.id untuk mengetahui apakah namanya sudah tercantum dalam daftar pemilih.Kalau belum ada, segera lapor,”paparnya.

 

Syafrudin mengaku, KPU Kota Bekasi menginginkan warga aktif melakukan pengecekan daftar pemilih. Pasalnya selama ini, sistem yang dibangun adalah penyelenggara yang aktif, sementara warga cenderung pasif.”Ayo warga Kota Bekasi, cek DPS nya,”tandasnya. (tim)

 

 

 

Read more...

Warga Diminta Mengkoreksi DPS

BEKASI SELATAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, telah  mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan walikota dan wakil walikota bekasi serta  pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat 27 Juni 2018 nanti. Masyarakat diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan atau masukan sebelum dilakukan perbaikan.

 

Komisioner KPU Kota Bekasi Syafrudin mengatakan, setelah ditetapkan pada tanggal 16 maret lalu, DPS diumumkan masyarakat dilakukan mulai 24 Maret hingga 3 April untuk mendapat masukan.

 

"Pengumuman DPS ke masyarakat untuk mendapat masukan atau tanggapan dari masyarakat sebelum nanti mulai tanggal 3 sampai 7 April dilakukan perbaikan DPS," katanya.

 

‎Pengumuman DPS tidak hanya dilakukan dengan menempel DPS di kantor KPU maupun kantor instansi pemerintah, tetapi juga dalam bentuk pertemuan warga di RT/RW.”KPU Kota Bekasi memberikan kesempatan kepada warga untuk mengkoreksi DPS sebelum ditetapkan menjadi Dsaftar Pemilih tetap (DPT),”tegasnya.

 

Sekedar diketahui, Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kota Bekasi, telah menetapkan Daftar pemilih Sementara (DPS) untuk pilkada serentak 2018 sebanyak 1.383.018. Sementara perbaikan DPS pada tanggal 3-7 April, dilanjutkan rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kelurahan dan penyampaiannya beserta DPS hasil perbaikan kepada PPK pada 8-10 April.

 

Rekapitulasi hasil perbaikan tingkat kecamatan/kelurahan dan penyampaiannya kepada KPU/KIP Kota Bekasi pada 11-12 April.Kemudian, rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kota untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada, 13-19 April

 

Penyampaian DPT kepada PPS pada, 20-29 April. Rekapitulasi DPT tingkat provinsi 20-21 April hingga pengumuman DPT oleh PPS pada, 29 April-27 Juni.(tim)

Read more...

Dongkrak Partisipasi Pemilih, KPU Gencar Sosialsiasi

BEKASI SELATAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, menargetkan partisipasi pemilih dapa Pemilihan kepala daerah serentak 27 juni 2018 nanti diatas 75 persen. Untuk mengejar target tersebut, KPU Kota Bekasi terus melakukan sosialsaisi ke masyarakat.

 

Komisioner KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni mengakui, tidak mudah untuk mengejar target tersebut. Namun dia optimis, jika partisipasi peilih akan meningkat pada Pilkada serentak nanti dengan kerja sama seluruh elemen masyarakat.

 

“KPU RI menargetkan partisipasi pemilih harus diatas 75 persen. Maka dari itu, KPU Kota Bekasi terus melakukan sosialsiasi ke masyarakat,”kata komisioner yang selalu mengenakan jilbab ini.

 

Sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kota Bekasi, lanjutnya, mulai dari kegiatan tatap muka dengan mengundang tokoh agama, kelompok pemilih perempuan, pelajar, mahasiswa dan sejumlah elemen masyarakat lainnya,”Seperti belum lama ini KPU Kota Bekasi juga melakukan jalan sehat,”imbuhnya.

 

Nurul juga meminta kepada kelompok masyarakat seperti komunitas, Ormas, organisasi kepemudaan ikut berpartisipasi mensosialisasikan tahapan Pilkada serentak 2018.”Selain itu juga, relawan demokrasi dan agen sosialsiasi harus lebih maksimal lagi dalam melakukan sosialisasi,”tandasnya. (tim)

 

Read more...

Warga Jakamulya Antusias Cek Daftar Pemilih

BEKASI SELATAN - Antusias warga untuk melihat Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kelurahan Jaka Mulya, Bekasi Selatan, cukup tinggi.Hal itu diucapkan oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Jaka Mulya, Adang Rukman, di Kantor Kelurahan Jaka Mulya, Bekasi Selatan.

 

"Untuk warga, Alhamdulillah sudah banyak yang liat (DPS). Khususnya dari anggota Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) nya,dari RT/RWnya, pada respon semua. Itu yang membuat saya jadi besar hati khususnya di Jaka Mulya ya karena respon pengurus RT/RW baik banget," Kata Adang, Selasa (27/3).

 

Adang juga mengaku menjadi lebih semangat karena banyaknya respon dari warga mengenai DPS yang sudah ada dan akan segera memperbaiki kekurangannya. “Kemarin (Senin) banyak warga yang melihat langsung ke sini juga,” ujarnya.

 

Walaupun banyak yang sudah memberikan laporan mengenai DPS, Ketua PPS Jaka Mulya ini mengaku masih belum tau jumlah pastinya ada berapa pelapor.Sebab, lebih banyak baru sebatas lisan saja.

 

Karena itu, Adang mengimbau untuk warga segera melapor secara tertulis. Selain itu, juga ada beberapa masalah yang masih banyak terlapor dari warga.

 

"Masih banyak keluhan dari PPDP dan Ketua RT/RW bahwa data yang diterima seperti orang yang sudah meninggal masih muncul lagi. Kemarin yang paling rame, banyak yang nanya-nanya masalah kekurangan data dan pemilih baru belum terdaftar," terangnya.

 

Ia juga menyampaikan, agar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi dalam perubahan DPS menjadi DPT nanti agar lebih baik nantinya, sehingga tidak ada kesalahan data pemilih nantinya.

 

Adang juga mengimbau, jika ada warga yang ingin melakukan protes, untuk melaporkan juga ke petugas (PPDP atau RT/RW) setempat agar nantinya ada sinkronisasi antara PPDP, RT/RW dan PPS itu sendiri. 

 

"Karena kalau nanti saya yang bertindak sendiri, nanti ketua RT/RWnya malah gatau apa-apa." tandasnya. (Tim)

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.